Tips Cara Mengelola Sampah

Sampah sangat erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat, karena sampah merupakan tempat berbagai kehidupan mikroorganisme penyebab penyakit dan juga serangga sebagai pemindah dan penyebar penyakit. Oleh sebab itu sampah harus dikelola dengan baik agar tidak mengganggu dan mengancam kesehatan masyarakat setempat. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba menyampaikan beberapa tips cara mengelola sampah.

Artikel Lainnya : 3 Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Sederhana

  1. Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah

Hal ini menjadi tanggung jawab masing-masing masyarakat atau institusi yag menghasilkan sampah. Oleh sebab itu mereka harus membangun atau mengadakan tempat khusus untuk mengumpulkan sampah. Kemudian dari masing-masing tempat pengumpulan sampah itu harus diangkut ke tPS atau TPA terdekat.

  1. Pemusnahan dan Pengolahan sampah

Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain seperti Landfill yaitu pemusnahan sampah dengan membuat lobang ditanah kemudian memasukannya kedalam lobang tersebut setelah itu ditimbun kembali dengan tanah. Cara berikutnya yakni Inceneration yaitu memusnahkan sampah dengan cara dibakar didalam tungku. Dan yang terakhir yakni Composting yaitu memusnahkan sampah dengan cara pengolahan seperti dijadikan pupuk atau kompos.

Baca Juga : 4 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Spoiler

Manfaat pengelolaan sampah 

– Penghematan sumber daya alam

– Penghematan Energi

– Penghematan Lahan Tpa

– Membuat lingkungan menjadi bersih, sehat, dan nyaman

Dampak Buruk Dari Tidak Bisa Mengelola Sampah 

– Terjadi penumpukan sampah dan berakhir dengan longsor sampah

– Menjadi sumber penyakit                                                                                                                                                        – Pencemaran lingkungan