Tips Hemat Air PDAM

pemanas air

Sumber daya alam yang paling dibutuhkan manusia dan mahluk hidup lainnya adalah Air. Tanpa air bumi ini tidak akan ada kehidupan. Bukan hanya untuk kehidupan saja air juga membantu pertanian, perkebunana dan industry. Sumber air sangatlah bermacam-macam dari sumber air dalam tanah atau sumur yan masih banyak dipakai masyarakat kita, Sumber air olahan dari PDAM. Nah untuk kita yang berada di tengah kawasan masyarakat padat pemukiman pastilah sumber air sumur atau air tanah kita sangatlah terbatas, bukan hanya itu pasti air nya juga tidak 100% jernih. beda dengan kita tinggal di pedesaan di dataran tinngi dengan sumber air dari mata air langsung ataupun sungai yang dialirkan memakai pipa atau bambu ke setiap rumah dengan membaar iuran kolektif. Di kota besar tidak seperti itu kalau tidak memakai air jet pump untk kebutuhan industry atau rumah tangga pasti lah berlangganan air PDAM untuk mmenuhi kebutuhnan. Tidak gratis tentunya tiap bulannya masyarakat harus membayar sesuai pengunaannya. memang sih air PDAM punya beberapa kelebihan salah satunya air PDAM yang mengalir tidak mengenal musim. namun jika kita tidak cermat tagihannya bisa menguras kantong lho.

Urbanites air merupakan sumber daya alam yang harusnya digratiskan dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, namun untuk saat ini sumber air bersih sudah banyak yang tercemar air bersih pun kian terbatas. kalau tidak memakai sumur bor, membeli air bersih di penjual keliling puilihan lainnya adalah berlangganan air PDAM. pelanggan air PDAM bakal diberikan tagihan sesuai pengunaan jumlah air. Walaupun tidak semahal tagihan listrik, Jika digunakan berlebihan tagihan air PDAM pun bisa membengkak. ada beberapa tips supaya aman dan hemat saat menggunakan air PDAM.

  • Cek Kebocoran Keran Air PDAM

Tiap air yang mengalir, baik yang kita ketahui atau tidak itu semuanya akan tercatat pada meteran air PDAM yang terpaang di rumah. Kita juga masih tetap harus membayar tagihan air yang bocor tersebut walaupun air itu tidak digunakan sama sekali. maka dari itu kita harus rajin-rajin melakukan pengecekan keran secara rutin . cob ajika diakumulasikan, air keluar dari celah yang bocor yang bisa mencapai 20 liter perharinya kan lumayan banyak jika terhitung oleh meteran PDAM. Jika kebocorannya yang terjadi pada keran atau pada bagian pipa luar, tampunglah air itu dan gunakan lagi sebagai mana mestinya. Jika anda menggunakan kloset duduk sebaiknya memberikan pewarna pada airnya, sehingga jika ada rembesan atau kebocoran bisa anda ketahui . cara lain yang perlu diketahui juga adalah saat anda mematikan seluruh saluran air dirumah lalu periksalah meteran PDAM apabila roda giginya masih berputar berarti memang ada kebocoran air.

  • Efisiensi dan menghemat air

Salah satu cara mengefisienkan pemakaian air adalah mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk menyiram tanaman di musim kemarau. jangan siram tanaman pada siang hari karena air akan cepat menguap . jangan pula menyiram halaman secara berlebihan .

  • menkalibrasi alat ukur

Laporkan setiap 2 bulan sekali pada petugas untuk mengkalibrasi alat meteran air dirumah anda. jika air keluar lebih sedikit dari total angka yang bertambah, maka segera laporkan pada petugas PDAM.

Beberapa tips diatas semoga bisa membantu pengeluaran tagihan bulanan anda ya, supaya tidak meledak. untuk membayar tagihan PDAM Nya bisa nada lakukan denganmembayar di blibli.com.