Tips Hidup Sehat Bersama Alam

Pola hidup modern yang cenderung praktis tidak selamanya baik. Makanan siap saji yang menggunakan bahan-bahan sintetis memang cukup praktis bagi mereka yang sibuk, namun bukan berarti sehat untuk dikonsumsi. Semakin maraknya penyakit modern seperti kanker, stroke, jantung dan sebagainya kerap dikaitkan dengan penggunaan bahan-bahan sintetis yang tidak selalu aman bagi kesehatan.

Melihlat kondisi yang demikian, wajar rasanya jika slogan back to nature sering kita dengar akhir-akhir ini. Para ahli telah membuktikan bahwa mengkonsumsi beberapa bahan alami jauh lebih aman dan malahan bisa menunjang membuang racun makanan (toksin) dari tubuh sehingga sel-sel baru buat kesehatan pun terbentuk.

Baca juga : Gaya Rumah Sehat yang Makin Banyak Diminati

Sejak ribuan tahun yang lalu, manusia sudah menggantungkan kelangsungan hidupnya pada alam sekitar. Berbagai tumbuhan digunakan sebagai sumber makanan maupun pencegah untuk membantu mengatasi gangguan penyakit. Banyak penelitian yang mendukung kegunaan bahan alami yang memiliki substansi potensial yang luar biasa manfaatnya.

Mengkonsumsi bahan alami bukan hal yang menyulitkan, lagipula bahan alami bukan barang yang sulit dicariĀ  di pasaran. Namun penggunaan bahan kimiawi yang bertujuan memaksimalkan hasil dari bahan alami tersebut yang membuat kita harus bersikap lebih hati-hati. Penggunaan pupuk, pembunuh hama dan bahan kimia lainnya sedikit banyak mempengaruhi kandungan gizi dari bahan alami tersebut.

Proses pengolahan bahan alami hingga menjadi makanan siap santap juga turut menentukan kualitas dari makanan itu sendiri. Bila bahan alami dimasak terlalu lama, kandungan gizi yang terkandung dalam bahan alami itu akan berkurang.

Baca juga : Ingin Tetap Sehat dan Cantik Saat Hamil? Ini Tipsnya!

Bila Anda suka mengkonsumsi sayur-mayur, ada kabar baik untuk Anda. Brokoli yang sering Anda temui di masakan cap cay, steak atau salad ini, ternyata dapat membantu mencegah penyakit kanker paru-paru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di China baru-baru ini, disimpulkan bahwa kandungan zat kimia isothiocyanates yang terkandung dalam brokoli dan buncis dapat mengurangi risiko dan melindungi tubuh dari kemungkinan terkena penyakit kanker paru-paru.

Untuk Anda yang suka makan, tidak perlu takut untuk menyantap makanan favorit Anda selama tetap memelihara berat badan yang ideal, mengurangi konsumsi lemak dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang berserat. Makanan yang memiliki serat berfungsi untuk membantu mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh sehingga dalam proses pencernaan racun yang terdapat dalam tubuh akan ikut terbuang.