Xiaomi Sang Raksasa Gadget

main image

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik swasta Tiongkok yang berpusat di Beijing. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini berkembang pesat menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Pendiri Xiaomi adalah Lei Jun yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok versi Forbes. Kekayaan Xiaomi kini bernilai lebih dari 46 miliar USD serta memiliki lebih dari 17.000 karyawan yang berasal dari berbagai negara seperti Cina, Malaysia, Singapura, India, Filipina serta Indonesia.

Pendiri Xiaomi memberi nama perusahaan tersebut sesuai filosofi mandarin. Xiaomi berarti beras kecil yang bermakna ingin merintis dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar. Sementara kata mi merupakan singkatan dari Mobile Internet dan Mission Impossible karena selama mendirikan Xiaomi, terdapat banyak tantangan yang terlihat untuk dihadapi pada saat itu

Besar Karena Fans

Pada pertengahan tahun 2018, Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ke-4 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual smartphone beserta softwarenya kepada konsumen. Hal ini tak lepas dali semangat yang disematkan oleh Xiaomi yaitu “Just for fans” yang berarti Hanya untuk penggemar. Keterbukaannya terhadap usulan dan ide konsumen dalam hal ini fans, membuat perkembangan perusahaan ini semakin pesat. Perlu diketahui bahwa saking pedulinya Xiaomi terhadap penggemarnya sampai sampai karyawannya pun kebanyakan yang dulunya fans Xiaomi.

Produk Unggulan

Ponsel unggulan dari Xiaomi adalah seri Mi. Pada awalnya diluncurkan di Cina, diikuti oleh Singapura, Malaysia, Thailand dan India pada tahun 2014. Mi 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon 800 dan telah diuji sebagai smartphone Android tercepat di dunia menurut pengujian tolak ukur aplikasi Antutu, Quadrant dan Geekbench.

Varian hp Xiaomi lainnya yaitu Redmi Note yang merupakan phablet dan smartphone kedua di seri Redmi. Di India, Redmi Note hadir dalam dua varian, satu dengan 3G, dan yang lainnya dengan 4G/LTE. Rekor penjualan kilat saat itu tercatat pada tanggal 2 Desember 2014 dan semua stok yang berjumlah 50.000 unit habis terjual dalam waktu 6 detik saja.

Perangkat lunak yang digunakan pada smartphone pada umumnya menggunakan MIUI. Firmware berbasis sistem operasi Android. Produk unggulan terbaru dari Xiaomi ini sukses  diluncurkan pada tahun 2014, yang menampilkan Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, kamera depan 8 MP, dan desain eksterior yang telah disempurnakan.

Dalam suatu event pada tahun 2015, Xiaomi meluncurkan ponsel andalan baru mereka yang diberi nama Mi Note dan Mi Note Pro untuk menyaingi iPhone 6 yang memiliki harga 2 kali lipat dari kedua perangkat ini. Kedua perangkat ini memiliki layar 5,7 inci dan menggunakan desain dual kaca dengan tampilan kaca depan 2.5 dimensi dan kaca belakang 3 dimensi. Sejak dirilis, sejumlah publikasi yang berbasis di AS telah menjuluki Mi Note sebagai “Telepon cerdas terbaik yang tidak dapat anda beli di Amerika.

Puncaknya sekitar tahun 2019, pengiriman ponsel Xiaomi mencapai 125 juta unit menempati peringkat keempat secara global sejak 2018. Memiliki peringkat ke 468, Xiaomi merupakan  perusahaan termuda yang berhasil tercatat dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2019. Xiaomi telah melantai di Bursa Efek Hong Kong sejak 2018.

Berkat tim yang penuh semangat dan satu visi, kini Xiaomi mulai mendominasi pasar global smartphone dan mampu bersaing dengan merk berkelas lainnya. Menarik untuk kitas simak sepak terjang Xiaomi kedepannya. Kita nantikan gebrakan apa yang akan dikeluarkan pada tahun mendatang.