Zeiss VR One, Pesaing Oculus Riff, Harga Hanya 1,2 Jutaan

Perangkat headset virtual reality (VR) sedang naik daun setelah versi development kit dari Oculus Rift dilepas di pasar. Produsen besar seperti Samsung pun turut mengikuti langkah tersebut dengan melepas Samsung Gear VR. Perusahaan asal Jerman yakni Zeiss pun juga melakukan hal yang sama, dengan produknya yang bernama VR One. Bedanya adalah dukungan perangkat lebih luas, termasuk iPhone 6.

Rata-rata headset VR diproduksi untuk hardware yang spesifik. Seperti misalnya Sony Project Morpheus yang diperuntukkan bagi PlayStation 4, dan Samsung Gear VR yang hanya kompatibel dengan Galaxy Note 4. Sedangkan Zeiss VR One ini kompatibel dengan smartphone yang berukuran layar 4,7 inci sampai 5,2 inci.

Untuk sementara ini, VR One sudah memasuki pasar wearable dengan opsi penyangga untuk iPhone 6 dan Samsung Galaxy S5. Ke depannya Zeiss berjanji untuk memperluas kompabilitas dari VR One.

Headset ini menggunakan SDK open source Unity 3D dan kompatibel dengan OS Android dan iOS. Saat ini Zeiss pun mendorong para developer untuk mencoba langsung VR One dan mengembangkan aplikasi yang dioptimalkan untuk headset ini. Saat terkoneksi dengan smartphone, maka audio, sensor dan display akan ditampilkan ke headset.

Hanya saja belum ada informasi detail mengenai spesifikasi dari VR One. Yang sudah di-pastikan adalah VR One menggunakan lensa presisi dari Zeiss yang menyediakan sudut pandang lebar 100 derajat. Di bagian depan bodi terdapat sebuah tempat untuk menghubungkan smartphone dengan sebuah lubang untuk kamera. Dengan begitu fungsi kamera pada smartphone masih dapat berjalan dan pengguna dapat langsung melihatnya pada lensa.

Zeiss juga akan merilis VR One Media App bersamaan dengan headset yang memungkinkan pengguna untuk melihat gambar dan video yang tersimpan di smartphone, berikut juga klip video 2D dan 3D dari YouTube. Pengguna dapat mengontrol klip maju dan mundur dengan menekan sisi kiri dan kanan headset. Aplikasi tersebut juga terintegrasi dengan Google Maps Streetview yang memungkinkan pengguna untuk melihat panorama secara 360 derajat dan “berjalan” dengan menekan bagian depan headset.

Satu hal yang menarik di sini adalah harga dari VR One sendiri, yakni $99 atau setara Rp 1,2 jutaan yang berarti sangat terjangkau untuk sebuah headset VR.