5 Tips Pakai JD.id Paylater Supaya Disetujui

 

Sudah tahu belum kalau JD.ID punya layanan paylater yang bermitra dengan Kredivo?

 

Apa itu JD.ID paylater

 

Nah buat kamu yang belum tahu, secara singkat JD.ID paylater adalah layanan kredit yang disediakan oleh JD.ID bersama dengan perusahaan fintech seperti Kredivo. Tujuannya adalah untuk menghadirkan opsi kredit online yang ramah bagi setiap orang, khususnya bagi orang yang belum memiliki akses kredit ke bank seperti kartu kredit.

 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan JD.ID paylater adalah kemudahan. Kemudahan mendaftar, kemudahan mendapat akses kredit, dan kemudahan transaksi. Syarat pendaftarannya juga singkat & simple jika dibandingkan layanan kredit konvensional. 

 

Namun, tidak semua pendaftar paylater akan disetujui. Sebab, sama seperti layanan kredit lainnya, ada proses analisa yang dilakukan untuk melihat apakah pendaftar kayak atau tidaknya memiliki akun dan limit kredit. 

 

Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menggunakan Kredivo sebagai paylater di JD.ID, maka ada 5 tips yang bisa kamu ikuti agar pendaftaranmu berpeluang besar disetujui. Apa saja?

 

Pastikan tidak ada syarat yang tidak kamu penuhi

 

Sebagai salah satu fintech yang bermitra dengan JD.ID, Kredivo menerapkan 3 syarat utama bagi pengguna yang ingin mendaftarkan diri, yaitu: 

 

  1. WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

 

Pastikan kamu sudah memenuhi ketiga poin di atas sebagai langkah awal. Dengan begitu, peluang pendaftaran akunmu disetujui akan terbuka. Sebaliknya, jika ada satu poin yang tidak sesuai, misalnya minimal penghasilan atau domisili, akan lebih baik jika kamu mencari paylater alternatif yang sesuai dengan kondisimu & peluang disetujuinya lebih besar. 

 

Syarat di atas adalah syarat wajib karena akan menjadi bagian utama dari perhitungan kelayakanmu sebagai nasabah/pengguna Kredivo. 

 

Wajib menggunakan data pribadi & unggah dokumen dengan jelas

 

Tips kedua, kamu wajib menggunakan data-data pribadimu sendiri ketika mendaftar akun paylater Kredivo. Semua data pribadi yang diminta dan dimasukkan harus sama, mulai dari nama, domisili/alamat, jenis kelamin, dan semua detailnya. 

 

Selain itu, kamu juga akan diminta memotret beberapa dokumen seperti KTP dan NPWP. Usahakan ketika memotret, kamu berada dalam ruangan yang terang sehingga hasil fotonya bagus dan bisa terbaca dengan jelas. Setelah yakin kalau fotonya sudah bisa terbaca, maka barulah kamu bisa mengunggahnya ke aplikasi Kredivo sebagai syarat pendaftaran. 

 

Demi keamanan, jangan sekali-kali menggunakan data orang lain untuk mendaftar paylater. Begitu juga sebaliknya, jangan sekali-kali kamu memberikan data-data pribadimu untuk didaftarkan paylater oleh orang lain. 

 

Pastikan nomor HP yang didaftarkan aktif

 

Beberapa layanan paylater tidak memiliki proses atau tahapan survei sebelum menyetujui pendaftaran akun pengguna. Namun, untuk berjaga-jaga, ketika sedang daftar akun paylater, pastikan nomor HP yang kamu daftarkan aktif dan bisa dihubungi, ya. Jika sewaktu-waktu ada survei atau telepon dari pihak paylater untuk mengonfirmasi pendaftaranmu, nilai plus profilmu akan bertambah karena bisa & aktif dihubungi. 

 

Usahakan membayar tepat waktu & jangan ambil cicilan baru sebelum lunas

 

Paylater yang legal seperti Kredivo, semua terdaftar di OJK. Otomatis, jika kamu menggunakan layanan ini, data atau histori transaksimu juga akan tercatat dalam SLIK. 

 

Ini artinya, makin bagus histori transaksimu di paylater, akan makin bagus juga skor kreditmu, dan sebaliknya. Ada beberapa upaya yang harus dilakukan jika mau skor kreditmu tetap positif. 

 

Yang pertama, selalu upayakan untuk membayar tagihan tepat waktu. Yang kedua, hindari mengambil dua cicilan sekaligus dalam waktu bersamaan. Bukan hanya berdampak pada skor kredit, poin kedua juga bisa membuat beban keuanganmu semakin berat. Kalau tidak diatur, bisa terjadi kredit macet yang tentunya akan merugikan dirimu sendiri.

 

Pertimbangkan matang-matang sebelum mengambil cicilan baru. Apalagi ada tawaran cicilan 0% dari Kredivo di JD.ID yang sulit untuk ditolak. Sebaiknya, manfaatkan fitur yang satu ini untuk kebutuhan yang sifatnya sangat penting agar paylater bisa lebih bermanfaat. 

 

Semoga tips di atas bisa membantu kamu dalam mendaftar akun paylater, ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!