5 Tips Sukses Memulai Bisnis Secara Online Buat Pemula

Punya Bisnis Online? Ini 3 Tips Penting agar Bisa Cepat Maju - Kredivo

Memulai bisnis secara online bagi pemula kini cukup banyak tantangannya. Sebab itu, perlu ada persiapan yang cukup sebelum terjun langsung pada dunia online terutama bagi para pemula yang belum paham dan mengerti apa itu bisnis online.

Pada akhirnya menjalankan bisnis online tidak hanya bergantung pada keberuntungan semata, melainkan juga pada tekad serta perencanaan yang jelas dengan arah serta targetnya di masa depan. 

Memulai bisnis secara online pada saat ini jauh lebih mudah karena infrastrukturnya sudah terbangun. Beberapa marketplace hadir mendukung bisnis kecil bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan adanya marketplace, konsumen diberikan pilihan dalam bertransaksi apakah membayar lewat transfer langsung, cicilan barang, hingga COD semua bisa dilakukan dengan menggunakan platform marketplace. 

Nah, itu baru sebagian dari bisnis online yang sudah banyak dijalankan. Lalu apa saja kira-kira tips sukses memulai bisnis online bagi pemula? Berikut ulasannya secara lengkap.

1. Tentukan jenis bisnis yang akan dijalankan

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan kamu jalankan. Ada banyak pilihan yang bisa mendatangkan cuan atau pundi-pundi rupiah. Beberapa yang sudah cukup populer misalnya seperti menjual makanan khas, oleh-oleh, pakaian, konsultasi online, pelatihan secara online, hingga lewat konten menjadi content creator.

Namun, jika ingin mendapatkan keuntungan penuh tentu saja dengan menjual produk sendiri. Jika dirasa langkah tersebut terlalu sulit, kamu bisa memulai dengan menjual produk orang lain, teman ataupun keluarga. Sehingga kamu tidak perlu memikirkan produksi, tetapi hanya perlu fokus pada cara melakukan penjualan sebanyak-banyaknya.

2. Tentukan niche-nya

Jika sudah menentukan jenis bisnis yang mau dijalankan saatnya tentukan niche bisnis yang dijalankan. Contoh sederhana jika berjualan bunga terlalu ekstrem maka kamu hanya perlu fokus berjualan bunga mawar saja. Begitulah contoh sederhana memilih sebuah niche.

Bagaimana cara menentukan niche lain dalam diri kamu? Temukan irisan dari apa yang suka kamu lakukan, kamu mahir di bidangnya, serta hal tersebut memang diperlukan oleh pasar. Misalnya kamu suka banget menggambar sehingga membuat kamu jadi mahir membuat desain ilustrasi. Ternyata ilustrator atau desainer kini sudah menjadi kebutuhan bagi perusahaan. Dalam hal itu, kamu bisa membuka jasa konsultan atau menjual produk-produk digital hasil desain kamu sendiri. 

3. Logis terhadap ide yang dimiliki

Jika sudah memiliki kedua ide tersebut, jangan buru-buru dieksekusi, tetapi matangkan kembali dengan memikirkan apakah ide bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan panjang atau hanya sekadar bisnis musiman saja. Karena, bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa berkelanjutan.

4. Tentukan target pasar

Langkah hampir separuh di akhir adalah dengan menentukan target pasar yang dibidik. Jika ingin menjual pakaian, target pasar seperti apa yang akan memakai baju rancangan kamu sendiri. Apakah bayi, anak-anak, remaja, atau usia dewasa. Masing-masing memiliki pasar serta tantangannya.

Agar mempermudah transaksi, manfaatkan platform marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain sebagainya. Alasannya karena sistem pembayaran sudah cukup lengkap dan bisa diintegrasikan dengan layanan cicilan barang seperti Kredivo.

Konsumen dapat memilih cicilan barang dengan tenor 3 bulan tanpa bunga atau cicilan dengan tenor lebih fleksibel 6 dan 12 bulan dengan bunga yang rendah hanya 2,6% saja per bulan. Limit pinjaman yang diberikan Kredivo mencapai Rp30 juta sehingga sangat memungkinkan bagi debitur untuk belanja jenis produk apa saja menggunakan Kredivo.  

5. Susun rencana digital marketing

Jika semua rangkaian sudah jelas, kamu tinggal menyusun rencana pemasaran secara digital mulai dari yang organik hingga yang berbayar. Ada cukup banyak channel yang bisa dicoba. Melalui berbagai eksperimen kamu akan mendapatkan metode yang paling efektif dalam melakukan pemasaran secara online.