Mengenal Jenis SparePart AC Beserta Fungsinya

Kehadiran mesin pendingin ruangan atau AC sudah seperti penyelamat hidup di tengah suhu ruangan yang panas. Dalam memaksimalkan sistem kerja AC, tentu tidak lepas dari semua komponen atau sparepart AC. Terbukti dari salah satu komponen mengalami kerusakan, fungsi mesin pendingin ruangan pun akan terasa kurang maksimal.

Jenis-Jenis dan Fungsi Komponen AC

Bagi orang awam mungkin cukup kesulitan menghafal semua bagian-bagian AC. Meski begitu pengetahuan dasar tentang sparepart AC akan membantu Anda ketika ada kerusakan kecil pada AC di rumah. Berikut ini penjelasan sederhana suku cadang AC yang terbagi dalam 4 kategori:

  1. Komponen Utama

Setidaknya ada 4 jenis komponen utama AC yang harus Anda tahu. Pertama kondensor berfungsi mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi cair. Kedua, kompresor berfungsi sebagai pusat sirkulasi refrigeran. Ketiga, pipa kapiler berfungsi menurunkan tekanan refrigeran. Keempat, evaporator berfungsi mengalirkan panas dari udara ke dalam ruangan refrigeran.

  1. Komponen Pendukung

Ada 4 jenis komponen pendukung AC yang wajib Anda tahu. Pertama, accumulator yang berfungsi untuk menampung sementara refrigeran cair yang bersuhu rendah dan campuran minyak pelumas evaporator. Kedua, strainer sebagai penyaring kotoran yang terbawa masuk. Ketiga, blower berfungsi mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan. Keempat, pelumas kompresor agar bagian kompresor tidak cepat aus.

  1. Komponen Kelistrikan

Kategori ketiga ini juga penting diperhatikan yaitu komponen kelistrikan. Peran komponen ini mengatur aliran listrik sehingga mesin AC dapat menghasilkan udara dingin dalam ruangan. Ada 5 jenis komponen kelistrikan yaitu PCB kontrol, kapasitor, overload, thermistor, serta mode listrik.

  1. Refrigeran atau Pendingin

Dalam mesin pendingin ruangan tentu tidak jauh dari komponen refrigeran. Fungsi komponen satu ini menyerap panas dari udara dalam ruangan, kemudian diproses sehingga berubah menjadi udara dingin. Hal ini bisa terjadi karena terdapat bahan pendingin yang berfungsi mengubah wujud dari gas menjadi cair dan sebaliknya.

Kabar bagus bagi Anda pengguna produk AC Daikin, karena service center resmi telah hadir di beberapa wilayah Indonesia. Segera hubungi call center Daikin terdekat, misalkan perlu bantuan perbaikan dan penggantian spare part AC di rumah Anda. Jangan lupa kunjungi website resmi Daikin https://www.daikin.co.id/  untuk mengisi form permintaan service sekaligus cek kisaran biaya service AC yang diperlukan.