Selain Lezat, Ini Segudang Manfaat Yang Dimiliki Pakcoy

Baby Pakcoy Pack 250 gr di Jabodetabek Dengan Harga Terbaik | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Pakcoy adalah sayuran yang memiliki cita rasa lezat sehingga banyak digemari. Selain itu, sayuran yang satu ini memiliki segudang manfaat. Pakcoy merupakan tanaman yang berasal dari China dan Asia Timur.

Pakcoy atau Brassica Rapa L ini sering diolah menjadi berbagai macam hidangan oriental, seperti sup atau tumisan. Sayuran hijau berbatang pendek ini masih satu keluarga dengan tanaman sawi putih dan sawi hijau serta memiliki kandungan yang bermanfaat.

Lantas, apa saja manfaat dari sayuran yang kerap disebut bok choy ini? Yuk cari tahu dengan menyimak ulasan dibawah ini !

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cuaca yang tak menentu bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Untuk menghindarinya, kamu bisa konsumsi pakcoy. Sayuran hijau ini kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami dalam menjaga kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pakcoy juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung karena mengandung vitamin B6 dan asam folat. Kandungan tersebut mampu menekan hemosostein asam amino didalam darah. Mengonsumsi pakcoy dipercaya mampu menurunkan kadar hemosostein yang bisa memicu risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Pakcoy adalah salah satu tanaman hijau yang kaya akan kandungan vitamin A. Selain itu, pakcoy juga memiliki zat lutein, zat xhantin, dan juga beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungannya tersebut bisa membantu memperbaiki penglihatan dimalam hari, mencegah katarak, serta menghambat degradasi mocular.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring dengan bertambahnya usia, tulang akan berkurang kekuatannya. Tenang, kandungan vitamin K didalam pakcoy bisa membantu proses metabolisme tulang dengan menaikkan pertumbuhan tulang.

Selain itu pakcoy juga mengandung mineral, zat besi, kalsium, dan magnesium yang bisa membuat tulang menjadi kuat dan padat, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

  1. Membuat Kulit Sehat Dan Halus

Teatur mengonsumsi pakcoy juga dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan halus. Hal tersebut karena sayuran ini mengandung antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas akibat polusi atau paparan sinar matahari berlebihan.

Kandungan vitamin C dan K yang terdapat didalam pakcoy juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lembap dan kenyal serta terhindar dari keriput dini.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Asupan natrium yang berlebihan bisa memicu meningkatnya risiko terkena darah tinggi. Nah, agar kadar natrium didalam tubuh tetap berada dibatas normal, memasukkan sayuran pakcoy dalam menu harian bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Pakcoy mengandung potasium, kalsium, dan magnesium yang bisa membantu menjaga tekanan darah secara perlahan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Sama seperti sayuran hijau yang lainnya, pakcoy juga adalah sayuran hijau yang kaya akan serat. Pakcoy bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, pakcoy juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk mengatasi gangguan pencernaan mulai dari diare, sembelit, hingga peradangan di usus.

  1. Mencegah Terjadinya Peradangan

Manfaat lain dari pakcoy adalah bisa melawan peradangan didalam tubuh. Kandungan zat kolin didalam sayur yang memiliki batang renyah ini bahkan mampu menurunkan gejala yang disebabkan oleh inflamasi seperti nyeri sendi dan radang sendi.

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang menakutkan karena terbilang sulit untuk disembuhkan.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, mulailah terapkan gaya hidup sehat dan rutin mengonsumsi pakcoy. Sayuran ini mengandung senyawa glucosinolate yang bisa berubah menjadi senyawa isothiosinolate yang berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker.